Rapat Anggota Tahunan ke16 KSPPS BMT Projo Artha Sejahtera

www.bmtpas.com  Ahad Legi, 19 Februari 2023 KSPPS BMT Projo Artha Sejahtera menggelar RAT ke-16 di komplek gedung DPRD Kabupaten Bantul. RAT adalah sarana bagi Pengurus untuk mempertanggungjawabkan kinerja lembaga selama setahun. RAT untuk tahun buku 2022 ini mengusung tema : "Pandemi Menyimpan Kerinduan Wujudkan Kebersamaan".  

Penyelenggaraan RAT ke-16 ini diawali dengan senam sehat untuk seluruh anggota dilaksanakan antara jam 07.00-07.30. Selesai kegiatan senam anggota menikmati hidangan snack dan minuman. Makanan dan minuman ini bisa diperoleh dengan menukarkan kupon snack yang disediakan panitia di stand-stand yang menjajakan makanan/minuman. Konsep ini adalah pemberdayaan, dari dan oleh anggota. Anggota yang punya usaha makanan/minuman difasilitasi oleh panitia berupa stand gratis. Sedangkan peserta senam difasilitasi dengan kupon snack yang diberikan juga gratis untuk setiap anggota  yang hadir. Konsep pemberdayaan dengan BELA BELI ANGGOTA ini sempat diberikan apresiasi oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian yang hadir mewakili Bupati Bantul.  

Sambil menikmati snack dan minuman acara dilanjutkan dengan sambutan ketua Pengurus KSPPS BMT PAS Bantul : H. Jupriyanto, S.Si. Dalam sambutannya Jupriyanto menyampaikan bagi masyarakat yang akan bergabung menjadi anggota koperasi untuk melihat beberapa indikasi layak tidaknya seseorang bergabung dalam sebuah koperasi. 3 hal yang disampaikan adalah : Lihatlah apakah koperasi tersebut legalitasnya. Salah satunya dengan melihat apakah koperasi itu punya NIK (Nomor Induk Koperasi)? NIK dapat dilihat melalui www.nik.depkop.go.id. Setelah masuk login ketikkan nama provinsi, kabupaten dan nama koperasinya. Maka akan kelihatan apakah koperasi yang dimaksud terdaftar di Departemen Koperasi atau tidak. BMT PAS memiliki NIK 3402070040081.  Kedua lihatlah apakah koperasi itu melakukan RAT tepat waktu? Dikatakan tepat waktu adalah apabila sebuah koperasi primer menyelenggarakan RAT di bulan Januari, Februari atau  Maret. Maximal 3 bulan setelah tutup buku untuk tahun buku tahun sebelumnya. BMT PAS alhamdulilah hampir selalu menyelenggarakan RAT di bulan Februari. Kemudian ketiga adalah indikator kinerja keuangannya. Antara lain apakah ada pertumbuhan dalam aspek asset, omzet dan juga SHU yang diberikan kepada anggota. 

Terkait dengan kinerja keuangan BMT PAS mampu membukukan kenaikan asset sebesar 20%.  Dari sisi omzet pembiayaan yang diberikan kepada anggota ada kenaikan sebesar 11% pada 31 Desember 2022.  Sedangkan SHU naik sekitar 5%.

Dalam kesempatan itu Jupriyanto juga mengumumkan  kejuaraan atas penilaian atas 65 kelompok Ibu Mengaji se Bantul. Penilaian akhir adalah Juara I kelompok Jonggrangan  Srihardono Pundong nilai 205.99, Juara II  Kelompok  Merten Gadingharjo Sanden nilai 202.97 dan Juara III kelompok Bakulan Patalan Jetis dengan nilai 197.27.  Juara I mendapatkan "Piala Bergilir"  dari Yayasan Ibu Indonesia Mengaji. 

Acara di lapangan dilanjutkan dengan pembagian doorprize, jam 09.30 acara lapangan selesai.

Untuk acara inti RAT mulai jam 10.15-12.30 dilaksanakan di ruang Paripurna DPRD Bantul. Susunan acara inti RAT adalah  Pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan surat al Fatihah, menyanyikan lagu Indonesai Raya dan Mars Ikosindo. Sambutan Ketua Pengurus dan Sambutan Kepala Dinas KUKM DIY, Quarum Rapat, pembacaan tatib RAT, LPJ Ketua Pengurus, LPJ DPS dan  LPJ DPM. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *