Persiapan dan Keberangkatan Jemaah Haji Asal Bantul Tahun 2024

www.bmtpas.com Jemaah haji asal Bantul akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada akhir Mei 2024. Keberangkatan jemaah ini akan dibagi dalam empat kloter, yakni kloter 49, 51, 54, dan 81. Setiap kloter terdiri dari 352 jemaah, ditambah 5 petugas dari pusat dan 3 petugas daerah. Mereka dijadwalkan berangkat dalam rentang waktu 25 Mei hingga 2 Juni 2024. Sebelum keberangkatan, semua jemaah telah menjalani pemeriksaan kesehatan termasuk pengecekan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula. 

Tahun ini, sebanyak 1.044 orang jemaah haji dari Bantul akan melaksanakan ibadah haji. Dari jumlah tersebut, sekitar 35% atau sekitar 365 orang adalah lansia. Jemaah haji tertua tahun ini berusia 92 tahun, sedangkan yang termuda berusia 22 tahun. Jemaah haji termuda ini dapat ikut serta karena mendaftar untuk mendampingi anggota keluarganya yang lansia. Dengan masa tunggu haji yang mencapai 34 tahun, kesempatan ini menjadi sangat berharga bagi jemaah yang lebih muda.

Karena tingginya jumlah jemaah haji lansia, Kemenag telah menyiapkan petugas haji khusus untuk memberikan pelayanan yang optimal. Penting dibutuhkan  dukungan ekstra bagi para lansia agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan aman.

Selain itu, jemaah haji diwajibkan menerima vaksin meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci, sedangkan vaksin influenza bersifat opsional. Langkah ini diambil untuk memastikan kesehatan jemaah selama menjalankan ibadah haji.

Pemerintah Daerah melalui Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menyampaikan harapannya agar jemaah haji tahun ini dapat memberikan dampak positif setelah kembali ke tanah air.  Abdul Halim menitipkan doa agar seluruh masyarakat Kabupaten Bantul senantiasa diberikan kesehatan, kesejahteraan, dan kerukunan sehingga pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, diharapkan keberangkatan jemaah haji asal Bantul tahun ini dapat berjalan lancar. Harapannya, mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk serta kembali dengan membawa berkah dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Bantul.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *