Fastabiqul Khoirot: Berlomba-lomba dalam Kebaikan

www.bmtpas.com Fastabiqul Khoirot, atau berlomba-lomba dalam kebaikan, adalah konsep penting dalam ajaran Islam yang mengajak setiap individu untuk tidak hanya melakukan kebaikan tetapi juga bersegera dan berusaha mengerjakan kebaikan dengan sebaik mungkin. Perintah untuk berlomba dalam kebaikan ini berada di atas level melakukan kebaikan saja. Ini karena berlomba-lomba dalam kebaikan mencakup mengerjakan, menyempurnakan, serta berusaha mengerjakan kebaikan sebaik mungkin dan dengan segera. Orang yang gemar berlomba dalam kebaikan di dunia ini kelak di akhirat akan mendapat kesempatan menjadi golongan yang lebih dahulu masuk surga dan memiliki kedudukan yang lebih tinggi.

Bagi mereka yang bersegera dalam mengerjakan kebaikan, obsesi utama mereka adalah setiap perbuatan yang bisa mendekatkan diri kepada Allah. Harapan mereka hanya ingin bebas dari siksa neraka. Setiap kebaikan yang mereka dengar atau ada kesempatan melakukannya, mereka akan segera bertindak saat itu juga. Mereka melihat orang-orang terpilih Allah telah jauh melampaui mereka dari sisi kanan dan kiri mereka. Maka, mereka bersegera mengerjakan kebajikan dan berusaha sedekat mungkin dengan Rabb mereka. Mereka begitu kekeuh dalam mengejar kebaikan.

Sikap “Jauhilah berkata ‘nanti, nanti’” juga sangat penting dalam menjalankan prinsip fastabiqul khoirot. Dalam hidup ini, kita adalah apa yang ada hari ini dan bukan esok hari. Jika kita masih ada esok hari, kita harus berpikiran sebagaimana sebelumnya, menjadikan esok sebagai hari ini. Jika esok bukan jatah kita lagi, maka tiada penyesalan atas apa yang kita tunda-tunda di hari ini. Prinsip ini mengajarkan kita untuk memanfaatkan setiap kesempatan yang ada di hari ini untuk melakukan kebaikan dan tidak menundanya.

Dalam mengamalkan fastabiqul khoirot, kita diajak untuk selalu berkompetisi dalam kebaikan, tanpa mengabaikan kualitas dan ketepatan waktu. Kita harus selalu siap dan sigap dalam setiap kesempatan berbuat baik, dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah dan meraih keselamatan di akhirat. Dengan demikian, kita tidak hanya menjadi individu yang baik tetapi juga menjadi contoh dan inspirasi bagi orang lain untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *